Posted by : Ali Imron Jumat, 17 September 2010

Pekalongan, CyberNews. Lopis raksasa dengan berat 1.020 kilogram (kg) tinggi 206 centimeter dan lingkaran 232 centimeter di Gang 8 Kelurahan Krapyak Kidul Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan menjadi tontonan warga.

Lopis raksasa itu akan dipotong Wali Kota Pekalongan M. Basyir Ahmad dalam perayaan syawalan (sepekan setelah Lebaran) pada Jumat (17/9) besok sekitar pukul 07.30.

Meskipun setiap tahun selalu digelar, namun lopis raksasa itu tetap menarik perhatian warga. Saat panitia syawalan masih sibuk mempersiapkan dekorasi panggung untuk acara pemotongan lopis raksasa, sejumlah warga tampak berkerumun di depan lopis raksasa itu, Kamis (16/9) siang. Ada yang sekedar mengagumi, ada juga sebagian warga yang mengabadikan lopis raksasa itu dengan kamera handphone.

"Pemandangan seperti ini langka, setahun sekali baru bisa melihatnya. Kalau besok kan sudah tidak mungkin bisa menyaksikan lopis dalam keadaan masih utuh seperti ini," ujar Atika, warga Kelurahan Bendan yang tengah memotret lopis raksasa
yang dibuat dari ketan sebanyak 4,5 kuintal itu.

Sementara, Yanto Bisri, panitia pemotongan lopis raksasa remaja Mushola Darunna’im menjelaskan, selain pemotongan lopis raksasa, perayaan syawalan juga akan dimeriahkan dengan kesenian javanese darvish.

- Copyright © OmAlie - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -