Posted by : Ali Imron Kamis, 15 Mei 2014



Mengorek hidung alias mengupil memang mengasyikan, apalagi jika dilakukan sambil bengong dan menerawang. Tapi hati-hati lho  karena meskipun mengasyikan ada bahaya yang mengintai saat sedang mengupil dan bisa saja berakibat fatal. Apa sajakah itu? Simak ulasan yang satu ini.

1.Mudah Flu

Didalam hidung terdapat selaput lendir yang berfungsi untuk melindungi hidung dari luka seperti lecet. Dengan memasukkan jari kedalam hidung membuat selaput lendir ini terkontaminasi sehingga bisa menyebabkan seseorang lebih mudah terkena penyakit flu. Apalagi jika jari tersebut kotor.
2.Mimisan

Terlalu sering mengupil apalagi jika kuku panjang akan membuat hidung rentan luka dan menyebabkan mimisan.
3.Infeksi

Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain.
4.Membuat Rontok Rambut Hidung

Aktivitas mengupil bisa menyebabkan rambut hidung rontok karena memasukkan jari dan berusaha untuk mencari kotoran hidung. Jika rambut hidung rontok, maka kemampuan hidung untuk menyaring kotoran menjadi berkurang. Jika hal tersebut terjadi, infeksi dan penyakit mudah menjangkiti.
5.Meninggal

Kondisi ini bisa terjadi jika memaksa mengeluarkan upil yang besar. Di dalam hidung terdapat tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika pada saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis. 
Masih Suka Ngupil?

- Copyright © OmAlie - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -