Posted by : Ali Imron Selasa, 23 April 2013


Hidup Nikola Tesla, ilmuwan jenius keturunan Serbia, ber-akhir tragis. Dia meninggal dalam kondisi sangat miskin dengan utang bertumpuk di sebuah hotel di Kota New York, Amerika Serikat, pada Januari 1943. Padahal karya-karya jenius Tesla layak disanding-kan dengan karya-karya Thomas Alva Edison.
Selain penelitiannya mengenai listrik nirkabel, Tesla punya predik-si yang lumayan akurat mengenai tren abad ke-21. Ramalan-ramalan Tesla ini termuat dalam wawancara-nya di majalah Libertypada 9 Febru-ari 1935. Kala itu, suasana politik dunia sedang panas-panasnya men-jelang Perang Dunia II.
Namun Tesla meramal, pada masa mendatang, negara-negara paling maju di dunia akan lebih banyak membelanjakan duitnya untuk mem-biayai riset ilmu pengetahuan ketim-bang membuat senjata-senjata pembunuh. 
“Hari ini mereka membelanjakan sebagian besar uangnya untuk perang dan hanya menyisakan sedikit untuk pendidikan. Tapi, pada abad ke-21, kondisi itu bakal berbalik,” Tesla meramal. “Penemuan ilmiah bakal lebih penting ketimbang sengkarut diplomatik. Bahkan media-media bakal menjadikan penemuan-pene-muan itu sebagai berita penting. Mereka akan menaruh berita poli-tik dan kriminal di halaman belakang dan menempatkan penemuan ilmiah di halaman muka.” 
Menurut Tesla, pada abad ke-21, orang-orang bakal makan lebih sehat dan volumenya lebih sedikit. “Saat ini orang lebih banyak mati karena air yang tercemar ketimbang akibat tembakau, kopi, dan obat penambah gairah. Tapi aku percaya, pada abad mendatang, tembakau, kopi, dan teh tak akan menjadi gaya hidup. Ber-narr Macfadden sudah menunjuk-kan cara membuat makanan enak dari bahan-bahan alami dan madu. Aku yakin makanan yang sekarang disajikan di restoran-restoran murah itu bakal menjadi hidangan utama di restoran paling cerdas pada abad ke-21.” 
Jauh sebelum robot dikenal, Tesla memperkirakan pada abad ini fungsi robot bakal semakin penting. “Pada abad ke-21, robot akan mengam-bil alih tugas yang dikerjakan para buruh budak pada abad-abad lalu,” kata Tesla. SP | SMITHSONIAN

- Copyright © OmAlie - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -